Lumbung Desa

Adalah media alat produksi tekhnologi informasi yang dikelola oleh pemuda tani Al-Barokah bekerjasama dengan Serikat Paguyuban Petani Qoryah Thoyyibah. misi kami adalah mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan.

Tujuan ICT dan LSD ialah bahwa setiap problem yang ada baik secara tekhnis maupun operasional dapat langsung diatasi sehingga mempercepat transfer pengetahuan serta berjalannya sistem informasi dan komunikasi lumbung sumber daya. Dengan metode seperti ini diharapkan implementasi program di paguyuban akan menjadi lebih fleksibel sehingga langsung menjawab pada persoalan yang di hadai anggota, walaupun tentunya tetap harus melihat pada kebutuhan anggota terhadap sistem itu sendiri.

Lumbung sebagai sebuah konsep lama dalam wujud sebuah tempat komuniitas menyimpan sumber daya memang menjadi sebuah kebutuhan yang dirindukan oleh kalangan petani pada khususnya dan warga masyarakat pada umumnya. Kita yang hidup di desa sadar bahwa kekuatan kolektifitas mayarakat akan terjamin apabila secara ekonomis warga sudah mampu memperoleh akses ekonomi secara kecukupan. Sudah tidak dapat di ketahui lagi lumbung sudah tidak lagi dikenal di masyarakat Ketapang. Seingat kami, zaman kecil dulu masyarakat pada umumnya dan orang tua kami masih menggunakan lumbung keluarga atau yang di sebut dengan ‘Grobog”. Namun hari ini banyak warga (termasuk orang tua kami) yang sudah tidak lagi memakainya.

Hari ini desa berada dalam dilemma yang sulit. Transisi dari masyarakat tradisional menuju modern. Transisi dari sektor agraris dan industrialisasi. Tidak hanya secara normative (norma/nilai) yang berubah, namun juga menyangkut seluruh sistem dan bangunan yang ada.

Efeknya warga desa perlahan telah menjadi seseorang yang materialis, rasionalis dan akibat terjauh semua pilihan ditentukan oleh kepentingan individual yang sempit dan berpotensi merusak bangunan kolektifisme.

Susunan Pengelola:
Pengontrol:
• Tim Formatur
• Seluruh petani Anggota albarokah

Ketua : Kang Arif

Wakil: Kang Yoga

Sekretaris: Kang Rohman

Bendahara: Mbak Tas

Pengelola lumbung:
• Kang Ali
• Kang Budi
• Kang sidik

Sekian, Tertanda,
Ketua

Arif Burhan (085742415084)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s