Gerakan Menolak Kenaikan BBM (dari Filipina ke Indonesia)

Posted: Maret 26, 2012 in Tak Berkategori

Beberapa hari yang allu dari sebuah jurnal saya baca tentang kenaikan BBM di Filipina. Dan hari ini, saya dengar banyak di media bahwa 1 April di Indonesia kenaikan BBM juga akan berlangsung. Kenapa kenaikan BBM bisa berlangsung secara hampir bersamaan, padahal Indonesia dan Filipina secara kewilayahan berbeda tempat? Untuk menjawab ini kita perlu menarik ke belakang, bahwa secara ekonomi dan finansial keterikatan wilayah sudah tidak begitu berarti karena, secara finansial dunia telah dihubungkan dalam satu meja yang sama dalam bursa-bursa.

Kapitalisme telah mengalami globalisasi. Tidak hanya di pabrik-pabrik atau pasar-pasar perdagangan itu telah menyentuh ekspor-impor, dan hutang-hutang, perbankan dan sektor keuangan itu telah berkembang lintas wilayah dalam mediasi-mediasi finansial global.

Resesi ekonomi yang berlangsung beberapa waktu lalu masih kita rasakan sampai sekarang, bagaimana krisis Eropa dan Timur Tengah merembes ke Asia, Amerika dan negeri-negeri lain dan telah mengakibatkan reaksi-reaksi yang hampir sama pada beberapa wilayah. Revolusi dan ancaman-ancaman disintegrasi pada beberapa wilayah, seperti Tunisia, Syria, dll. Seperti gelombang besar krisis yang berlangsung di satu negeri, menjadi teror di negri yang lain, dan rakyat adalah orang-orang tak berdosa yang terpaksa harus menjadi korban akibat keserakahan beberapa perusahaan dan pemilik-pemilik usaha besar dan kecil, dari krisis kapitalisme.

Tidak ada alternatif lain, sosialisme atau barbarisme, seperti itulah pesan Rosa Luxemburg dalam menyikapi masa depan kapitalisme yang rawan berkontradiksi ini. Kalau krisis berlangsung, rakyat akan kesusahan dalam hidup dan mereka akan bergerak, sementara itu dari rezim yang terancam akan mempersiapkan segala macam cara untuk meredam gerakan massa yang meluas ini, aparat represif dengan pendekatan militeristik. Sosialisme akan terjadi kalau rakyat memiliki solidaritas sama dan terpimpin dalam sebuah barisan revolusioner yang satu padu. Sementara barbarisme menjadi kebalikan kalu kaum birokrat oportunis, liberal demokratis dan reformis kembali berhasil menelikung gerakan yang muncul, jatuhlah mereka kepada fasisme abru, sebuah mekanisme kekerasan yang diktatorial yang berwajah baru. 

Di Salatiga, tempat budaya pasif beranak pinak dan dijaga dengan ketatnya. Potensi gerakan rakyat sangat sulit berkembang. LSM dan Universitas tidak merepresentasikan kebutuhan subtil dari kelas termarginalisasi selain menyuarakan oportunisme-oportunisme jangka pendek para borjuis kecil.

Besok demonstrasi beberapa kalangan dengan bendera-bendera yang bermacam ragam. Apa pentingnya simbol-simbol itu di cetak besar-besar dan diangkat tinggi-tinggi kalau apa yang dituntut ternyata gagal? Oposisi kelewat narsis dan kehilangan landas pijak pada kenyataan. Kenaikan BBM harus di tolak bukan untuk menyelamatkan satu dua institusi atau kelompok. Adakah visi yang lebih revolusioner dari kalangan non-pekerja?

 Namun tidak ada harapan untuk mengenyahkan rezim yang secara permanen dan berulangkali menelikung rakyat. Buat apa bendera diadopsi dan dibikin kalau untuk memecah belah rakyat ke dalam faksi-faksi dan kepentingan. 

Komentar
  1. harga laptop mengatakan:

    Kenaikan bbm akan menyengsarakan rakyat banyak, semoga saja pemerintah mengeti akan hal tersebut. Subsidi yang dibilang banyak dinikmati oleh kalangan menengah ke atas meskipun benar, kata “banyak” disini apabila dibandingkan dengan jumlah orang kaya dan orang miskin di indonesia tentunya akan mengalami perbedaan pengertian.jumlah orang miskin lebih banyak di indonesia dibandingkan dengan orang kaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s