Dewasa ini pertanian organik semakin populer. Hal ini disebabkan dampak dari sistem pertanian modern atau sistem pertanian kimiawi yang tidak mendukung kelanjutan ekologi pertanian dalam jangka panjang. Sistem ini dimulai sejak dicanangkannya gerakan Revolusi Hijau pada tahun 70-an melalui Bimas, Inmas, Insus sampai supra Insus. Sejak itu, ditemukanlah varietas unggul yang konon berpotensi meningkatkan hasil, tetapi harus dibarengi dengan penggunaan pupuk dan pestisida kimia dengan dosis yang tinggi. Kebutuhan tanaman akan pupuk kimia setiap musim tanam semakin meningkat karena tanah semakin rusak (bantat) seiring dengan penggunaan pupuk dan pestisida kimia.
Dampak penggunaan pupuk kimia yang berkepanjangan dalam dosis tinggi disamping merusak lingkungan, kondisi kesehatan manusia yang tidak terkontrol; menimbulkan berbagai macam penyakit akibat mengkonsumsi makanan yang berkadar kimia tinggi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dikembangkanlah sistem pertanian organik. Teknologi ini mengembalikan kesuburan kondisi fisik tanah, dan lingkungan biologi pertanian, Betapa hebatnya kekuatan Revolusi Hijau dan Revolusi Biologi, sehingga memporak porandakan sistem lingkungan, sosial, teknologi, serta benih budidaya lokal yang kita miliki hilang. Kenyataan inilah yang harus segera kita kembalikan dengan penuh kearifan. Mimpi ini harus kita bangun sekalipun dengan tetesan keringat dan bahkan cucuran air mata.

 SEKILAS TENTANG Al-BAROKAH

 Kelompok Tani Al-Barokah adalah sebuah organisasi rakyat yang berbasis petani.  Al-Barokah didirikan pada 16 September 1999 oleh petani Desa Ketapang, Kec. Susukan Kab. Semarang, berbadan hukun akta notaris no. 24 tgl 14 Sept 2004 . Sampai saat ini anggotanya ada 392 petani (324 laki-laki, 68 perempuan) yang menyebar di 2 Kecamatan (Susukan dan Kaliwungu)  kedepan se Kab. Semarang.
Organisasi ini dijalankan secara demokratis. Setiap tahun diadakan RUBANI (Rapat Umum Anggota Petani) untuk menyusun program tahunan. Pengurus terdiri dari Dewan Pleno (sebagai legislatif) dan Ketua Pelaksana (sebagai eksekutif). Dewan Pleno dipilih secara mufakat melalui RUBANI, dan Ketua Pelaksana dipilih secara langsung oleh anggota melalui Pemilu dengan masa jabatan 4 tahun. Al-Barokah telah mendirikan lembaga ekonomi petani yaitu KSU. Gardu Tani Al-Barokah, pada 15 November 2002 no. 267/BH/KOK. II. I/188. 4/XI/2003.
Untuk mewujudkan cita-cita pemberdayaan petani dalam skala yang lebih besar, Al-Barokah bergabung dengan 35 Paguyuban Petani lainnya dalam Serikat Paguyuban Petani Qaryah Thayyibah.

 Visi

 Membentuk masyarakat tani yang kuat, mandiri, adil, sejahtera, yang mampu mengelola sumber daya alam dengan menjaga kelestarian lingkungan serta memperhatikan kesetaraan dan kebersamaan antara laki-laki dan perempuan.

 Misi

  1. Membangun kesadaran kolektif petani (SDM) untuk mengelola SDA dengan sistem yang lebih baik
  2. Membangun organisasi yang kuat sebagai wadah perjuangan petani
  3. Mengembangkan sistem pertanian organik sebagai alat perjuangan ekonomi petani dengan menjunjung tinggi kelestarian lingkungan
  4. Mengembangkan sistem informasi dan jaringan kerja dengan fihak-fihak lain yang memiliki kesamaan visi misi organisasi.
  5. Ikut berpartisi aktif dalam kebijakan kebijakan yang berpihak pada petani

 BERAS ORGANIK

 Al-barokah

 Beras Organik Al-Barokah adalah beras yang dihasilkan dari budidaya secara organik oleh Petani Al-Barokah. Pengolahan dan pengemasan terpusat di pabrik beras Al-Barokah karena unrtuk menjaga mutu. Budidaya padi secara organik adalah budidaya dengan cara-cara alami  selaras dengan lingkungan; pemupukan dengan pupuk organik, kompos, pupuk kandang, dan penanggulangan hama dengan pestisida alami/hayati yang terbuat dari ramuan akar, batang, kulit dan dedaunan tanaman obat yang ramah lingkungan. Selalu menghindari dan meninggalkan pemakaian pestisida beracun serta pupuk kimia sintetis yang diproduksi oleh pabrik.

 Karakteristik Produk

 Beras organik Al-Barokah dijual dengan menggunakan kemasan plastik yang berkapasitas 5 Kg, dan 25 Kg, dengan mencantumkan logo Al-Barokah berupa gambar sketsa dua petani dalam lingkaran berbentuk elips. Jenis beras yang dijual ada dua yaitu slip (selep) dan  tumbuk. Beras slip/selep adalah beras yang digiling dengan menggunakan mesin penggiling padi.Beras tumbuk adalah beras yang hasilkan  dengan cara di tumbuk memakai alat tumbuk berupa antan dan lesung (tradisional). Beras tumbuk inilah yang masih banyak mempunyai kandungan nutrisi, protein dan serat yang lebih tinggi (berdasarkan data). Varietas beras yang di produksi oleh Al-Barokah adalah

  • Menthik Wangi Super
  • Pandan Wangi
  • Anoman (merah)
  • Gilirang
  • Merba

Keunggulan Produk

  1. Mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik
  2. Aman dari residu pestisida beracun yang berbahaya bagi kesehatan karena sudah teruji .
  3. Penanganan paska panen secara profesional yang dipusatkan di Al-Barokah untuk menjaga kualitas (keorganikan) beras.
  4. Dibudidayakan secara organik tanpa menggunakan pestisida beracun dan pupuk kimia sintetis yang sudah terbukti merugikan kesehatan tubuh.
  5. Berdasarkan hasil uji laboratorium dari BALITBIO No. 029/LB/III/03 telah menunjukkan bahwa dari 5 (lima) zat aktif yang diuji hanya terdeteksi 2 (dua) zat aktif dalam taraf yang sangat rendah dan jauh dari batas maksimum residu yang ditetapkan Departemen Kesehatan dan Departemen Pertanian, sehingga dapat dikatakan bahwa produk beras Al-Barokah aman bagi kesehatan dan layak untuk di konsumsi
  6. Dari segi rasa lebih enak, pulen, tahan lama dan tidak mudah basi, karena adanya kontrol tes kadar air
  7. Ditanam dan diproduksi oleh anggota petani Al-Barokah yang memudahkan bagi konsumen untuk ikut  melakukan kontrol dan pengecekan di lapangan.

 Manfaat Produk

 Bagi Konsumen

 Memperoleh manfaat secara langsung berupa kandungan nutrisi sangat lebih baik yang ditunjukkan oleh kandungan protein yang tinggi.

  1. Kandungan protein yang tinggi sangat berguna terutama bagi masa pertumbuhan anak, karena fungsi protein membentuk jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang aus, rusak dan mati, serta menyediakan asam amino yang diperlukan untuk membentuk enzim-enzim pencernaan dan metabolisme serta antibodi.
  2. Lebih terjamin keamanannya bagi kesehatan tubuh, sebab terhindar dari kandungan kimia sintetis berbahaya yang merugikan kehidupan.
  3. Pada beras tumbuk, yang kandungan seratnya  tinggi sehingga sangat berguna untuk memperlancar metabolisme, menjadikan tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit

Bagi lingkungan

  1. Mengembalikan serta meningkatkan kualitas tanah, air dan ekosistem.
  2. Memproteksi lingkungan dari pencemaran pestisida beracun dan pupuk kimia sintetis (telah uji tanah di balai penelitian tanah Bogor)
  3. Menjaga keseimbangan kehidupan ekosistem alami, keaneka-ragaman hayati, serta turut mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan.

Prestasi – prestasi

  1. Sebagai Central Pertanian Organik (beras) di Kab. Semarang.
  2. Pada tahun 2004 menjuarai verifikasi intensifikasi padi (organik) tingkat nasional dan mendapat penghargaan dari presiden RI di Istana Negara Jakarta
  3. Mendapat Penghargaan dari Mentri Pertanian RI tentang Ketahanan pangan dan kelestarian lingkungan th 2004.

 Atas manfaat tersebut  telah cukup alasan bagi konsumen untuk segera mengkonsumsi
Beras Organik

 Tersedia di Al-Barokah

  1. Beras organik, pestisida,pupuk organik ( padat & cair)
  2. Buku-buku sederhana cara pembuatan pupuk dan pestisida organik serta tehnologi budi daya padi organik
  3. Fasilitator  tehnologi Pertanian Organik

 KONTAK KAMI:

 Bapak H. Basirun Mas’oed

 Phone                 : 0298615322

 E-Mail                  : nnnady@gmail.com

Handphone        :082322297375

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s