PENGEMBANGAN ASOSIASI/ PAGUYUBAN LDPM TAHUN 2011 BADAN KETAHANAN PANGAN PROVINSI JAWA TENGAH DI PP AL_BAROKAH KETAPANG, SUSUKAN PROVINSI JAWA TENGAH

Posted: Desember 12, 2011 in OLEH-OLEH

12 Desember-Dihadapan puluhan penerima LDPM Tahun 2011 se –provinsi Jawa Tengah dan petugas PPL kecamatan Susukan, PP Al-Barokah menyampaikan sejumlah kiat dan tips pengorganisasian yang selama ini dipraktikkan. Jajaran pengurus, dan anggota PP Al-Barokah-pun terlibat dalam forum pertemuan ini. Secara keseluruhan acara ini hanya berlangsung selama 2 jam lebih, berikut adalah sedikit ringkasan dari hasil kegiatan ini.

Al-Barokah Selayang Pandang

Gerakan pertanian organik di Paguyuban Petani Al-Barokah berdiri atas dorongan kemandirian petani. Bekerjasama dengan lembaga pemerintah, organisasi masyarakat, organisasi ini berkembang hingga kini. Berbagai penghargaan baik individu maupun organisasi berhasil diraih. Berkat kegigihan pengurus dan ketulusan anggota, kini Al-barokah menjadi organisasi petani yang mapan dan dikenal luas.

Pengorganisasian petani adalah pra-syarat kemajuan petani. Dari organisasi (Al-Barokah) mereka belajar, mengenal pertanian organik. Bapak Basirun adalah pelopor pertanian organik di kampung ini, semangat berorganik ini akhirnya menular kepada kawan-kawannya seperti ; bapak Mustofa dan Bapak Ahmadi.

Jalan gerakan pertanian organik tidak mudah. Seringkali permasalahan dari dalam maupun dari luar menjadi batu ganjalan organisasi ini. Namun karena kesadaran anggota tentang kebutuhan berdirinya organisasi, satu persatu permasalahan yang ada dapat dicarikan solusi.

Roda organisasi, terus berputar. Al-Barokah mengembangkan diri dalam berbagai bidang yang meliputi; Lumbung Sumber Daya, Sekolah Alternatif, Pertanian Organik, Sayuran Organik, dan Jamaah Produksi Pemuda (Lumbung Sumber Daya) Al-Barokah. Adapun maksud dan tujuan pengembangan organisasi ke dalam sub-sub organisasi ini dimaksudkan agar cakupan organisasi tidak sempit dan tertutup. PP Al-Barokah berkeyakinan bahwa memakmurkan desa tidak dapat dilepaskan dari membangun kelembagaan petani yang profesional dan terkelola secara modern. Al-Barokah organisasi yang gemuk? Memang, namun kondisi itu tidak menghambat roda jalannya gerakan.

Dari banyaknya bidang yang menjadi perhatian, pertanian organik terpadu (IOF) adalah tema sentral yang diambil. Kemandirian ekonomi berbasis pertanian dari organisasi ini dimulai dari peningkatan kapasitas organisasi terhadap akses tanah, persiapan pupuk, pengembangan biogas digester, pengolahan, produksi gabah menjadi beras organik, dan terakhir pemasaran.

Melihat roda organisasi ini lebih dekat akan sampai pada pemahaman betapa banyaknya permasalahan dalam 1 bidang saja. Kita ambil contoh pertanian organik padi misalnya, PP Al-Barokah harus mencari solusi permasalahan antara Petani yang sudah praktik berorganik dengan dengan petani yang masih setia menerapkan pola pertanian an-organik. Secara kelembagaan, PP Al-Barokah dituntut untuk mendorong pertanian organik terus maju dan secara ekonomis menguntungkan. (LSD ALB.)

Data PP Al-Barokah

No. Telp: 0298 615322-Bapak Basirun M.

Prestasi:

–          Penghargaan Ketahanan Pangan Nasional Tahun 2004

–          Tokoh pelopor Tahun 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s