Analisa Enigma Kapital Harvey: Menunggu Pukulan Demi Pukulan Sebelum Orde Ini Tumbang Sendiri

Posted: Agustus 19, 2011 in IDEA

Mula-mula harus kita pahami bagaimana kapitalisme yang irasional ini berkerja.  Berlangsungnya pemassalan pekerja untuk melayani modal pengusaha yang besar pada satu pabrik dan saling beradu dalam kompetisi dan kontestasi hingga jaring-jaring kapitalisme global. Kapitalisme sebagai sebuah sistem tidak akan pernah hidup tanpa menindas. Sebab bagaimanapun, keuntungan adalah niatan awal usaha kapitalis yang tak bisa diperoleh selain dari penghisapan tenaga kerja.

David Harvey seorang geografer telah jauh hari menjelaskan bagaimana krisis demi krisis akan berlangsung dalam orde kapital. Enigma Kapital ia menyebutnya, ini digunakannya dalam melihat gejolak perubahan (capital risks) termasuk tuntutan revolusi dengan latar belakang ras, agama dll oleh masa buruh dan pekerja yang berlangsung di seluruh dunia. Kalau mau ditelusur sebenarnya krisis dan pemberontakan yang berlangsung tidak dapat dilepaskan dari prose produksi kapitalis yang mengalami kontradiksi internal, yang biasanya diakibatkan dari kompetisi dan kejenuhan.

Bagaimanapun kapitalisme berkerja ia tidak adat melepaskan prinsip untuk terus melakukan eksploitasi pekerja, sehingga pada titi wancinya, tidak ada jalan ketiga selain mengganti kapitalisme yang irasional tersebut dengan kembali mengikuti anjuran marx dalam kapital. Krisis ekonomi kapitalisme sudah pasti akan berlangsung, tinggal kemauan kita bersama untuk segera merubahnya atau menunggu sistem tersebut mengalami demoralisasi dan kajatuhan sendiri.

Mmmh… risks of capital -Harvey mulai dari penjelasan tentang kapitalisme tdk bisa dipahami sederhana per-se. Kapitalisme sebagai sebuah sistem menghendaki pemahaman yang gradual bagaimana hubungan antara satu pabrik dengan pabrik yang lain-lain, sehingga seperti sebuah jalinan yang kompleks. Namun satu hal ang sama, kapitalisme dimanapun tidak dapat hidup dari pemassalan pekerja dan eksploitasi dalam produksi. Nah, saat persaingan dan kompetisi terus berlangsung antar kapitalis inilah mereka saling beradu untuk bertahan, hingga tidak ada jalan lain selain mengurangi biaya produksi termasuk PHK dll…..

Dalam menjelaskan segala jenis konflik, dan peberontakan dengan latar belakang ras, agama,pengagguran dll hanyalah permukaan dari muara kedalaman permasalahan produksi kapitalisme yang mengalami bentrokan dan kontradiksi….


 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s