Solusi Derita Kapitalisme Pembunuh: Menguburnya dengan Perubahan Sosialis

Posted: Agustus 9, 2011 in Tak Berkategori

Bahkan di media-media borjuis, dan kaum borjuis yang menghidupi kapitalisme akhir-akhir ini menggambarkan jejak langkah krisis ekonomi dunia akan segera berlangsung.

Situasi ini merupakan hasil penjumlahan dari bank-bank di Inggris dan Amerika Serikat yang mengalami kerugian bertriliu-triliun di bank-bank mereka, juga faktor kegagalan industri dimana kita saksikan buah ‘nasionalisasi GM’ oleh Presiden Barack Obama yang mengakibatkan instabilitas produksi, pengangguran yang terus tumbuh, dan terjadinya krisis politik yang menyebabkan kelas pekerja disana harus menanggung dosa-dosa hutang kelas-kelas penguasa.

Sementara itu Rusia dan China sebagai dua negara yang digadang-gadang menjadi penolong bagi utang AS tersebut tidak dapat berbuat banyak karena ketakutan jika krisis ini berdampak pada situasi ekonomi, politik dan keamanan dalam negeri mereka, sehingga potensi jatuhnya AS dalam beberapa waktu kedepan semakin niscaya.

Di Inggris kebijakan Inflasi dan pemangkasan yang dilakukan terbukti tidak efektif.Justru jika kebijakan ini diteruskan akan membuat mereka menjadi bangsa pengemis, dimana ekonomi gagal tumbuh.

Hal itu ditambah lagi fakta pengembalian bank-bank yang melakukan pinjaman 1,2 Triliun, sejak tahun 2008, terus merangkak turun drastis.

The Royal Banks of Scotland sebagai salah satu bank persemakmuran bersama sejak 2008, baru saja mengumumkan kerugian sebesar 794 juta pound akibat pinjaman Yunani, dan sekarang Bank tersebut mengalami penjualan yang sangat rendah.

Harga saham Lloyds ‘juga telah menurun lebih dari 10 persen menjadi sekitar setengah harga dari yang pemerintah bayar untuk £ bailout 21 miliar pounds dalam bentuk saham.
Gagasan bahwa bank-bank ini akan mampu mengembalikan simpanan masyarakat hanyalah mimpi belaka. Dan yang paling mungkin bank-bank tersebut justru akan membutuhkan subsidi lagi, bahkan untuk membayar bonus mereka, tapi kali persatuan kelas buruh tidak akan bersedia diam menunggu melainkan akan menolak dan melawan.

Namun demikian, krisis ini akan bermula dari dan menyebar ke seluruh eropa, dimana bermula dari Inggris yang menyebar ke Hutang dagang Yunani, Hutang irlandia, Portugis, dan Spanyol. Krisis ini semakin meyakinkan kaum borjuis bahwa krisis ini barulah permulaan yang manifetasinya dalam bentuk uang, saham dan bentrokan mata uang euro yang akhirnya menghancurkan kekuatan-kekuatan produktif dalam masyarakat Eropa.
Dan sebagaimana kita ketahui bahwa di sepanjang sejarah krisis yang dialami kelas-kelas borjuis saat mengalami derita yang mematikan ini.

Caranya dengan membuat perang sipil melawan kelas pekerja dari semua negara kapitalis, dan menuntut  rezim yang mau melaksanakan perang saudara ini, untuk membuat kelas pekerja membayar setiap sen dari krisis.
Pada saat yang sama, runtuhnya mata uang euro di zona Eropa akan membuka kembali semua persaingan imperialis tua dengan saling bersaing menjadi negara yang paling dominan untuk kembali menguasai, Afrika dan Timur Tengah.

Hal ini akan menyebabkan bentrokan militer dan petualangan yang akan membuat kejadian perang-perangan (seperti permainan bocah) di  Irak, perang Afghanistan dan Libya.

Untuk kelas pekerja hanya ada satu masa depan, sebuah revolusi sosialis untuk menggulingkan sistem kapitalis runtuh dan menggantinya dengan ekonomi sosialis terencana berdasarkan pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Ini tugas kita semua  untuk segera membangun bagian-bagian dari Komite Internasionale Keempat di setiap negara untuk memimpin perjuangan memenangkan revolusi sosialis dunia.

Terbuktilah analisa Marx bahwa peran kelas buruh sebagai kelas revolusioner yang diproduksi oleh kapitalisme dan, pada kenyataannya, akan menjadi si Penggali Kubur dari sistem kapitalis.

Krisis yang semakin dalam akan memanggil kelas pekerja maju untuk melaksanakan peran sejarahnya.

Tugas kita adalah untuk membangun kepemimpinan revolusioner dari kelas pekerja sehingga pemberontakan pekerja akan berhasil menang – kelas pekerja merebut kekuasaan dan membangun sosialisme.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s