Mengangan Jamaah Produksi ala Desa

Posted: April 25, 2011 in Tak Berkategori

Saat kerja dalam ruang kapitalis begitu memapat ruang eksistensi untuk sekedar cari uang. Serikat Paguyuban Petani Koryah Thoyyibah-Salatiga berlawan dengan penerapan jamaah produksi di desa kami. 10 orang pemuda laki perempuan diajak menggagas kerja produktif ala mereka sendiri.

Bagi saya jamaah produksi adalah jalan keluar dari situasi sulit yang selama ini pemuda rasakan dari kehidupan desa. mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan kerja yang benar-benar sesuai dengan kehendak bebasnya. Bangku-bangku belajar yang gagal menjadikan lulusan seorang tuan. melainkan sekedar menjadi ambtenaar atau kuli-kuli bagi para pemodal yang kalau ditelusur, selalu milik orang lain.

Segera saya menghubungkan gagasan jamaah produksi dengan gerakan swadesi atau berdikari yang sejak lama digagas soekarno atau gandhi. Jamaah produksi adalah gerakan ekonomi desa yang menjunjung tinggi semangat komunitas dalam menghasilkan produknya sendiri.

Namun begitu, jamaah produksi dalam penerapan akan menjadi sangat sulit. apalagi ditengah situasi saat ini, dmana pragmatisme dan materialisme atas nama individu begitu menguat. muncul apatisme-apatisme yang apabila rakyat diajak berkumpul mereka bakal bersikap rasi0nalitas instrumental yang bersifat sesaat.

Lalu segera bersiap saja kita, melakukan upaya penyadaran-penyadaran agar kelak jamaah produksi berhasil menonjok dan menjadikan desa sebagai sebuah tempat yang nyaman untuk dihuni dan bekerja. Menghidupkan semangat diantara komunal bahwa musuh utama saat ini adalah uang yang sering mereka banggakan sebagai hasil kerja. bahwa selama ini kita diperbodoh dengan kerja-kerja rutin yang bersih dan terhormat.

Jamaah produksi yang kami gagas selanjutnya adalah jamaah produksi yang langsung menonjok jantung program ini. bahwa pemuda akan segera mengambil alih sumberdaya produktif berupa pengusahaan pangan. bisnis pangan yang punya orientasi sosial bagi setiap orang ini akan menjadi sebuah alat dan mekanisme yang menguntungkan terutama memperkuat kesadaran politis warga desa.

keberhasilan utama program ini selanjutnya dalah kemauan untuk terus menerus melakukan evaluasi program dan gerakan. bahwa sebuah upaya yang kontinyu akan menjadi tema sentral keberhasilan. Inilah upaya menempatkan para pemuda menjadi sokoguru perekonomian nasional.

(Paguyuban Petani Al Barokah: Salatiga)

Komentar
  1. mujab mengatakan:

    kereen,… pemikiran dan konsep jamaah produksi mungkin bervariasi,… namun tetap ada prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s