Sepak Bola

Posted: Juni 23, 2010 in OLEH-OLEH

Dari lapangan hijau pemain berjubel memperebutkan bola. berlari mengejar kesempatan menendang, mengocek, mengumpan dan sesekali mencoba keberuntungan melepaskannya ke arah gawang. sepakbola hanyalah pelepasan, semacam kegenitan dalam katarsis manusia modern, pembebasan dari rutinitas robotic kerja.
Apa sumbangan sepakbola? peradaban menaggung beban sejarah. ketidak-adilan, diskriminasi rasial, dan genosida tanpa ada penyelesaian tak terjawab. tak ada harapan selesai, kecuali sepakbola. karena di lapangan hijau, tumpah ruah segala keruwetan hidup tersebut pelan /sementara diurai. dalam diri sepakbola mengalir gengsi, fanatisme, brutalitas namun juga spirit perdamaian yang disemai dalam bungkus “sportivitas”.
Jerman hampir tidak lolos. Italia yang gagal melaju ke putaran berikutnya. inilah fenomena umum yang dijumpai dalam sepakbola. sebuah even penanggalan identitas. sebuah pertunjukan gladiator yang secara gentle beradu taktik strategi secara fair dalam satu medan tanpa senjata. siapa yang pantas, ialah yang menang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s